Sasaran dan strategi pencapaian di Program Studi:

Mahasiswa dan staf (dosen) khususnya di program studi THP merupakan sasaran utama, sehingga diharapkan ada pemahaman yang sama antara dosen dan mahasiswa dalam pencapaian tujuan program studi (jangka pendek dan jangka panjang). Strategi pencapaian dilakukan dengan: meningkatkan kualitas SDM melalui studi lanjut baik S-2 dan S-3 didalam dan luar negeri serta memfasilitasi dosen THP untuk berpartisipasi dalam pertemuan ilmiah baik nasional maupun internasional. Selain itu mengadakan pelatihan untuk meningkatkan mutu dan soft skill baik dosen dan mahasiswa.

A. Jangka Pendek

1. Melakukan kegiatan proses pendidikan dan pengajaran dengan target lulus tepat waktu (4 tahun) sebesar 50% dengan IPK > 3.

2. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan IPTEKS oleh mahasiswa dan staf pengajar dengan sasaran untuk meningkatkan kapasitas diri mahasiswa dan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat perikanan dan kelautan baik dalam bentuk jurnal-jurnal penelitian maupun hak atas kekayaan intelektual.

3. Melakukan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat berupa konsultasi, pelatihan, dan percontohan di bidang teknologi hasil perikanan dan kelautan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan pengembangan usaha serta kewirausahaan.

4. Implementasi sistem pembelajaran berbasis Student Center Learning dan Problem Based Learning.

5. Membina dan menjalin kerjasama dengan stakeholder, baik dari industri sebagai pengguna alumni, institusi kependidikan dalam dan luar negeri sebagai partner pengembangan pendidikan dan institusi pemerintahan dalam menjalin kerjasama dan riset-riset bersama.

B. Jangka Panjang

Membangun jaringan kerja profesional antara PS THP dengan dunia kerja meliputi swasta (bisnis, koperasi dan keuangan), lembaga swadaya masyarakat, unsur-unsur masyarakat, lembaga penelitian, lembaga  pendidikan, meningkatkan jumlah dosen anggota prodi THP menjadi anggota pada lembaga/asosiasi profesi (PATPI, PERMI, MPHPI, ISPIKANI, MASTAN dll).

Print Friendly